Jumat, 22 Juli 2016

6 Kota Mistis di Indonesia

Indonesia merupaka negara kepulauan memiliki banyak keanekaragaman budaya serta keindahan alam yang membentang dari Sabang sampai Merauke. Dengan alam luas yang membentang terselib beberapa kisah mistis didalamnya, seperti hal nya kisah mistis kita Banyuwangi Jawa Timur yang terkenal sebagai kota mistis.

Lalu ada juga misteri penampakan orang limun di kota gaib Ketapang Kalimantan Barat, berikut http://surgefilm.blogspot.com/ merangkumnya dalam kota-kota misteri di Indonesia.


1. Kota Pontianak
Kota yang dikenal dengan Kota Khatulistiwa karena tepat di bawah garis khatulistiwa, dengan ikon tugu khatulistiwa kota ini kental dengan sejarah dan cerita mistinya.

Konon masyarakat yang tinggal di kota ini amat resah dengan keberadaan hantu kuntilanak yang selalu mencuri anak kecil, karena sejak dulu kota pontianak adalah sebuah hutan belantara yang tepat berada di simpang 3 sungai, diantaranya sungai landa, sungai kapuas dan sungai kapuas kecil.

Bertempat tinggal di hutan belantara sejak itulah masyarakat Pontianak menjadi resah dan berfikir untuk mengusir kuntilanak yang sering muncul diantara pepohonan di dalam hutan, alhasil warga yang dipimpin oleh Syarif Abdurahman Alkadri ini sepakat menebangi pohon di dalam hutan tersebut dan mendirikan perkampungan sejak 1771 Masehi, tak tanggung-tanggung semua warga disini tak hanya menebang hutan saja, mereka bersama-sama membuat meriam karbit yang digunakan untuk menembak suara-suara kuntilanak yang berasal dari dalam hutan.

Sejak peristiwa tersebut masyarakat Pontianak menjadikan meriam karbit sebagai prosesi menyambut bulan suci Ramadhan.

2. Kota Padang 12 Ketapang
Kota ini dikenal dengan kota gaib karena berada ditanah kosong seluas 12 kilometer persegi yang dipenuhi ilalang serta hampaaran padang rumput yang sunyi dan sepi. Konon di padang 12 inilah sosok penampakan sering terjadi dan terlihat oleh masyarakat.

Masyarakat yang meyakini bahwa penampakan tersebut adalah wujud manusia kebenaran berbeda manusia pada umumnya manusia kebenaran tidak memiliki garis hidung atas bibir, sebagian besar penduduk asli padang 12 dan masyarakat ketapang pun percaya bahwa wujud manusia kebenaran tersebut adalah orang Limun yang tergolong manusia suci, jujur dan taat beribadah.

Namun tidak sedikit yang beranggapan bahwa mereka adalah sekelompok jin muslim yang sudah ribuan tahun menempati wilayah tersebut.

3. Kota Banyuwangi
Sudah menjadi rahasia umum kota Banyuwangi yang merupakan salah satu kota di ujung timur pulau jawa ini menyimpan cerita mistis tentang ilmu hitam berbau santet.

Santet serta praktek perdukunan hingga meresahkan banyak masyarakat Banyuwangi akan keberadaannya penyebab kematian beberapa penduduk lokal.

Mengingat peristiwa besar di tahun 1998 silam terjadi pembantaian besar-besaran terhadap seratus orang yang diduga pelaku dukun santet di sebagian besar wilayah Banyuwangi. Peristiwa tersebut dikenal masyarakat Banyuwangi dengan nama tragedi santet Banyuwangi. Meski beberapa orang telah ditetapkan sebagai tersangka tapi sampai saat ini dalang utama dukun santetpun belum ditemukan secara pasti.

4. Kota Yogyakarta
Beralih ke kota Yogyakarta, Yogyakarta memiliki budaya kepercayaan akan roh leluhur yang amat kental, salah satu diantaranya adalah upacara adat tradisi tahunan malam satu suro dikeraton Yogyakarta.

Tradisi yang dilakukan sejak Sri Sultan Hamengkubuwono II untuk menyambut malam satu suro dengan aktivitas seluruh peserta melakukan kirab topo bisu, yaitu upacara berjalan kaki mengelilingi kawasan wisata kaliurang tanpa bicara sedikitpun.

Proses yang dikenal sebagai prajurit kerajaan siap siaga menghadapi serangan Kerajaan Pajang, prajurit yang berdoa didalam hati agar diberi keselamatan, kemudian ada pula jamasan benda pusaka bersejarah atau pembersihan alat pusaka seperti keris, alat musik serta alat transportasi atau benda-benda yang diagungkan oleh pihak kerajaan. Oleh karenanya jamasan pusaka itu sendiri memiliki makna yang amat sakral tentang kegiatan prosesi ritual pemberkatan roh leluhur agar terus menjaga keselamatan dan keselarasan masyarakat Jogja.

5. Saranjana Kalimantan Selatan
Tepat di Kalimantan Selatan bernama Saranjana sudah tidak asing terdengar diseputar pulau Borneo, sebuah kota berjuluk kota gaib, Saranjana menjadi salah satu kota berunsur misteri yang belum dapat dipastikan secara pasti kebenarannya.

Memang tak bisa dijelaskan secara logika, bukan berarti banyaknya cerita masyarakat di pulau Borneo ini menjadi sebuah kebohongan. Sekilas tentang kota Saranjana yang tak lebih adalah sebuah pulau kecil yang terlihat sangat indah, memiliki hampir seluruh penduduknya bangsa jin dan tidak ada satupun manusia yang tinggal di pulau gaib tersebut, sampai-sampai keberadaan kota Saranjana ini tidak ada didalam peta Indonesia.

Diawali pada tahun 1980 silam sejak itu pemerintah Kota Baru dipusingkan oleh kedatangan para pengusaha asal jakarta yang hendak mengantarkan beberapa alat berat yang dipesan lunas oleh seseorang penduduk asal kota Saranjana, setelah dicari-cari ternyata orang tersebut benar-benar tidak ada.

Namun terlepas dari benar atau tidaknya tentu kami kembalikan bagaimana anda menilainya.

6. Kota Pati
Cerita mistis selanjutnya adalah kisah kota paranormal yang amat terkenal di Indonesia, kabar mistis ini sempat menggemparkan warga Pati Jawa Tengah dengan paranormal paling tersohor adalah Bos Edi atau Mbah Roso. Kota Pati yang terkenal sebagai penghasil garam terbanyak di Indonesia ini mendadak menjadi kota berjuluk seribu paranormal.

Hal ini diperkuat dari letak geografis lokasi Pati yang dikelilingi oleh beberapa makam tokoh spiritual yang sangat kuat diantaranya adalah Makam Sunan Kalijaga, Makam Sunan Kudus serta Makam Sunan Muria.

Layaknya tanaman yang tumbuh subur aktivitas paranormal disinipun semakin banyak dikunjungi beragam orang yang entah hanya berasal dari Pati Jawa Tengah, pengunjung yang berdatangan berasal dari kota-kota besar diluar pulau Jawa meminta pesugihan atas usahanya, namun tak semua menjadi berhasil dan kaya.

Demikianlah hasil rangkuman saya mengenai Kumpulan Kota Mistis di Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar